Alaku
29 Jul 2023 14:37 - 4 menit membaca

Indonesia.go.id Menyapa, Berbagi Cerita Baik untuk Indonesia

Bagikan

Rilis Kemenkominfo– Portal Indonesia (Indonesia.go.id) menyapa lebih dekat penulis-penulis daerah. Awak redaksi kanal komunikasi yang diampu Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) tersebut, hadir di Badung Bali pada Kamis (27/7/2023).

“Salah satu tugas selaku konduktor komunikasi publik, kami ingin mengajak keterlibatan masyarakat khususnya penulis-penulis di seluruh daerah untuk aktif menjaga ruang publik sehat dalam berkomunikasi. Aktif membagikan cerita-cerita baik tentang tanah airnya. Keterlibatan seperti ini tentu menjaga citra positif Indonesia sebagai bangsa yang kaya dengan masyarakatnya yang santun,” ujar Direktur Pengelolaan Media Ditjen IKP Kemkominfo, Nursodik Gunarjo di Badung Bali, Kamis (27/7/2023).

Secara langsung, lanjutnya, redaksi Portal Indonesia berharap penulis-penulis daerah bisa terlibat langsung menyumbangkan karyanya di Indonesia.go.id. ataupun menyebarkan tulisan-tulisan dan narasi baik di berbagai kanal informasi yang ada.

“Lebih dari itu, tentu menjadikan kanal media yang dimiliki Direktorat Pengelolaan Media akan semakin dikenal luas oleh masyarakat,” katanya.

Indonesia.go.id hadir pertama kali pada 2018. Tepatnya dikemas kembali sebagai kanal komunikasi publik oleh Kemkominfo pada 10 Desember, setelah sebelumnya dikelola oleh Kementerian Sekretariat Negara.

“Indonesia besar karena keberagamannya. Budaya, alam, kearifan lokal dan kehidupan sosial budayanya. Ini potensi yang harus kita jaga. Salah satunya dengan menuliskan banyak cerita terkait itu. Portal Indonesia (Indonesia.go.id) salah satu wadahnya,” ujar Gunarjo.

Portal Indonesia ini menjadi halaman depan atau beranda Negara Kesatuan RI (NKRI) di dunia maya. Karena itu informasi yang disajikan adalah cerita-cerita kekayaan budaya bangsa dari berbagai sisi. Profil negara, kebijakan kerakyatan pemerintah, ragam kearifan lokal, potensi pariwisata, keunggulan serta kemudahan investasi, hingga layanan-layanan ramah publik, menjadi kekuatan yang diharapkan semakin membuka mata dunia bahwa Indonesia adalah bangsa yang besar.

Kredibilitas informasi yang disampaikan pun akurat, valid, dan terpercaya karena dilakukan melalui reportase, riset mendalam dan agenda redaksi oleh pengelola yang telah lama berkecimpung di dunia jurnalistik.

Cerita baik dari Bali

Seri Bali 2023 menjadi yang kedua ”Indonesia.go.id Menyapa” hadir langsung di daerah bertatap muka dengan masyarakat khususnya generasi muda. Mengusung tema ”Menyapa Lebih Dekat”, awak redaksi berharap tidak hanya makin mendekatkan diri dengan audiens, tapi juga turut membudayakan masyarakat untuk mencari, membuat dan membagikan informasi yang mencerdaskan, memberdayakan, serta menginspirasi untuk kepentingan bangsa dan negara.

Redaktur Pelaksana Indonesia.go.id, Elvira Inda Sari menambahkan bahwa pihaknya sangat berharap masyarakat khususnya generasi muda bisa berperan sekecil apapun untuk berkontribusi berbagi cerita baik terkait Indonesia.

“Radaksi Portal Indonesia berharap penulis-penulis daerah bisa terlibat langusng menyumbangkan karyanya di Indonesia.go.id. ataupun menyebarkan tulisan-tulisan dan narasi baik di berbagai kanal informasi yang ada” katanya.

Antusias pun ditunjukkan pegiat media sosial sekaligus founder Yayasan Kanasditya Anjani Dharma, Debby Lukito Goesyardi yang turut hadir membagikan ilmunya di ”Indonesia.go.id Menyapa” seri Bali 2023.

”Kita hidup di zaman yang sesungguhnya memanjakan untuk bisa menyalurkan bakat menulis. Bisa memanfaatkan banyak platform bahkan bisa bikin web sendiri misalnya. Tapi lebih dari itu, hadirnya Indonesia.go.id menjadi nilai tambah bagi teman-teman penulis,” katanya menambahkan.

”Indonesia.go.id Menyapa” seri Bali 2023 dihadir 80 peserta dari perwakilan perguruan tinggi khususnya fakultas komunikasi, pegiat literasi serta penulis-penulis lokal Bali.

Pada kesempatan tersebut perwakilan mahasiswa dari Universitas Pendidikan Nasional, Bali, Lisa turut memberikan saran dan komentarnya.

Ia berharap banyak cerita yang bisa diangkat dari Indonesia bagian Timur. Baginya masih sedikit yang punya keinginan untuk menulis terkait kelebihan daerahnya, khususnya di wilayah timur padahal punya potensi yang banyak.

Maka Portal Indonesia dianggapnya sebagai salah satu jawaban untuk menggaungkan berbagai potensi Indonesia, bukan hanya bagian barat, tapi merata bagian tengah hingga timur Nusantara.

”Saya sebagai milenial senang ada wadah seperti Indonesia.go.id ini. Semoga kegiatan seperti ini bisa rutin dan merata tidak hanya di Bali. Karena saya yakin daerah lain juga punya potensi namun tidak banyak yang tahu wadah-wadah untuk menyalurkan bakat menulisnya,” katanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

- - Kisah Pria yang Mengalami Kolaps Paru-paru dan Nyaris Meninggal karena Menggunakan Vape